Minggu, 26 Agustus 2012

Hidup di Kanada dan Amerika



Saya mau cerita sedikit tentang hidup di Kanada dan America berdasarkan pengalaman saya dan keluarga hidup di dua negara itu selama kurang lebih 7 tahun dan 5 tahun berturut-turut. Segi yang akan saya tinjau yaitu: pajak, tunjangan kesehatan dan keluarga dan pendidikan (beasiswa). Ini mungkin berguna untuk yang mau hijrah ke Kanada atau Amerika.
Apa sih bedanya hidup di Kanada dan Amerika ? Jawabnya sebenarnya tidak jauh beda. Karena sama-sama negara maju dan negara yg benar-benar hampir mendapat pemasukan yang besar dari pajak.
Dalam kehidupan sehari-hari, ada perbedaan yang sedikit menonjol antara Kanada dan Amerika. Ini diantaranya:
1. Dalam masalah kesehatan. Kalau di Kanada setiap orang yang menghirup udara Kanada akan mendapat kartu kesehatan (yang disebut Medicare) secara gratis. Kartu ini sangat penting sekali terutama utk berobat atau rawat inap tanpa bayar satu sen pun, kecuali biaya obat yang kita harus bayar sendiri (Biaya obat kecil sekali di Kanada). Dan kartu ini bukan hanya utk org yg tidak mampu saja, tapi semua penduduk Kanada akan mendapatkan kartu tersebut, termasuk tentunya utk org asing yang hidup secara resmi (mahasiswa, pekerja, dll).
Sedangkan di Amerika, kartu kesehatan gratis (disebut Medicaid) itu hanya di peruntukkan utk penduduk Amerika sendiri, dan org asing jgn berharap mendapatkan kartu itu. Jadi kata org asing di Amerika, jgn sampai sakit deh di sana, bayarnya mahal sekali. Asuransi kesehatannya juga banyak kurang meyakinkan. Lagian juga kalau pendapatnya menengah keatas, tidak boleh memakai kartu Medicaid ini. Jadi terpaksa harus beli asuransi kesehatan. Mana harga obat mahal-mahal lagi. Mungkin ini bisa dimaklumi, karena penduduk Amerika sepuluh kali lipat penduduk Kanada. Sehingga tiap tahun misalnya  hampir minta bantuan obat-obatan seperti vaksin flu ke Kanada.
2. Dalam kesejahteraan keluarga. Setiap penduduk Kanada, akan mendapatkan santunan dari pemerintah utk anak2, jadi setiap bulannya anak2 akan mendapat uang (itu tergantung dari pendapatan org tuanya, semakin kecil pendapatannya, maka anak akan mendapatkan uang lebih banyak tapi tentunya ada batasnya, kalau tidak salah tiga orang).  Tunjangan ini juga berlaku untuk orang asing seperti mahasiswa yang sekolah di Kanada. Sebagai gambaran anak tiga bagi mahasiswa asing di Kanada mendapat $500 lebih. Tapi kalau di Amerika, tidak ada yang namanya tunjagan uang seperti itu. Jadi saya dulu pas di Amerika hanya gigit jari. Cuman ada sedikit kupon untuk belanja empat sehat lima sempurna.
3. Yang ini masalah Pajak. Setiap yg berhubungan dengan uang pasti ada pajaknya, baik kalau kita belanja atau gaji. Jadi semakin tinggi gaji seseorg maka makin tinggi juga potongan pajaknya.  Nah bedanya antara Kanada dan Amerika, di Kanada pajaknya besar sekali. Untuk belanja barang saja haru setor 15% ke pemerintah. Kalau dari segi gaji ngeri pokonya deh pajaknya. Kalau kasus saya hampir 40% dipotong gaji suami dipotong. Nah….kalau di Amerika pajaknya jauh lebih kecil. 10 % untuk beli2 barang, dan gaji juga tidak terlalu banyak dipotong.
Jadi uang kita yg di potong utk pajak itu larinya kemana sih…. Ya uang itu utk perbaikan kota, kesehatan yg gratis tadi dan sekolah dari TK Sampai SMA tidak bayar.. Jadi uang tersebut berputar.. Jadi jangan sampai deh di jalan ada lobangnya, bisa2 rakyat bisa marah besar.
4. Satu lagi ini mungkin penting untuk yg mau kuliah di Kanada atau Amerika. Utk beasiswa di Amerika dapatnya biasanya lebih besar dari yang di Kanada, terutama untuk orang asingnya. Tapi ya itu fasilitasnya berbeda…Walau Kanada kecil pendapatan beasiswanya tapi besar tunjangan hidupnya. Dan satu lagi istri bisa kerja utk membantu menambah keuangan suami, tapi kalau di Amerika istri tidak bisa kerja, kecuali istri para mahasiswa pemegang paspos biru (saya lupa Visanya).
Jadi itulah sedikit perbedaan nya yang saya ketahui. Sebenarnya mau cerita banyak tapi kayaknya ini sudah terlalu panjang. Lain kali saya akan cerita2 lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar